SEJARAH DESA

Penamaan / nomenklatur Desa Moga berdasarkan adat  istiadat secara turun temurun sejak zaman kerajaan Mataram Asal  kata “ moga – moga “. nenek moyang dalam perjalanannya  singgah / istirahat di padepokan  (moga)  yang  sekarang   namanya dukuh  depok  Rt.01 Rw.06  Moga III , Nenek  moyang   berdo’a ( Nyuwun ) “ Moga – moga ………”.

Sehingga nama moga dijadikan nama untuk Desa Moga sampai sekarang.

Pemerintahan desa yang pertama dipimpin oleh kepala  desa

Bapak  H.Abubakar  yang  didukung oleh Bapak  H.Sidik   selaku tokoh masyarakat di bidang Keagamaan, bapak Ky H.Khawimah di  bidang  pendanaan  sekaligus  ikut  serta  mendanai   dalam pembangunan desa Moga yang sampai dipimpin oleh kepala desa yang selanjutnya

Pada masa pemerintahan Desa  moga  yang  di  kepala    oleh bapak Yunus   (kades)    Pembangunan Desa  lancar,    swadaya masyarakat  sangat  besar,   saling   gotong  royong,  baik   dari material  sampai  tenaga  kerjanya dari masyarakat  desa  moga itu sendiri.

Demikian sekilas sejarah Terbentuknya Desa Moga dan Pemerintahan Desa Moga. Serta beberapa  sejarah pembangunan sarana dan prasarana .

Adapun sumber data yang diperoleh berasal dari cerita dan sejarah yang dituturkan oleh masyarakat secara turun temurun. Adapun sumber data pemerintahan Desa berasal dari saksi yang masih hidup dan arsip Desa yang ada.

Demikian Sejarah ini di tulis untuk menjadi gambaran kebutuhan pembangunan  serta pengetahuan semua warga masyarakat moga bahwa untuk kebutuhan pembangunan yang banyak di butuhkan oleh masyarakat adalah pembangunan yang menunjang pada sektor pertanian peternakan

Adapun kekurangan beberapa data yang tidak tertulis semata mata karena tidak adanya sumber yang bisa kami kumpulkan ,

Tetapi dari beberapa data yang ada paling tida bisa memberikan gambaran kebutuhan pembangunan  pengembangan wilayah untuk lima tahun yang akan datang.